Sikap Rendah Hati

Kamis, 21 Juni 2012 | komentar

Rendah hati adalah kesiapan jiwa seorang hamba untuk tunduk terhadap kebenaran. Orang yang rendah hati senantiasa menyambut orang lain dengan raut wajah yang menyenangkan serta kata kata yang dapat menyejukan jiwa.Sikap rendah hati merupakan pancaran cahaya dan kesejukan iman yang memenuhi di dalam relung kalbunya.Sikap kasih sayang sertasikap hormatnya pada setiap orang adalah bukti rahmat dan kasih sayang Allah Ta'ala bersemayam dalam jiwanya.


Untuk masuk menjadi golongan manusia pilihan perlu perjuangan dan kesungguhan, namun tidak sedikit manusia yang telah gagal karena kesombongan yang dimilikinya. Sikap rendah hati dan kesombongan akan terus bertarung untuk menguasai perilaku manusia.Orang yang memiliki sifat sombong akan senantiasa melihat orang lain dengan sebelah mata. Rakyat jelata dan kaum miskin tidak ada nilainya di hadapanya. Karenanya,dia cenderung menghindari dari pada bergaul dengan mereka. Kalaupun bersikap perduli,motivasinya hanya sekedar mencari sanjungan atau simpati, sebaliknya terhadap orang yang punya kedudukan, dia tidak akan segan segan menjilat,mengemis serta bersimpuh untuk merendahkan diri.

Dosa pertama yang di lakukan mahluk terhadap penciptanya dan tidak terampuni adalah kesombongan iblis laknatullah. Oleh karenanya,sifat ini harus kita jauhi,karena bila ia bercokol di dalam hati manusia,maka di hadapan Allah Ta;ala martabat dirinya dengan setan adalah setara hanya alam dan wujud fisiknya saja yang membedakan.Dan pada saat itulah setan tidak lagi di pandang sebagai musuh utama dan tanpa disadari dia telah menjadi budak setan yang setia.

Kenistaan orang orang yang menyombongkan diri, mestinya menjadi bagi pedoman bagi setiap mukmin untuk tetap bersikap rendah hati. mereka harus melihat setiap orang mempunyai kekurangan dan kelebihan. karenanya setiap mukmin akan merasa saling melindungi,menghormati dan menyayangi. Hati mereka melebur dalam satu warna dan martabat yang sama. Karna kebersamaan membuat mereka tumbuh menjadi masyarakat yang kokoh dan besar. Allah Ta'ala sangat bangga dengan keikhlasan dan keteguhan hambanya. Sikap rendah hati akan mengangkat martabat orang orang mukmin semakin tinggi. 
Share this article :

Posting Komentar

BLOG DOFFOLOW
Terimakasih atas kunjungan anda di sini
Silahkan berkomentar untuk meninggalkan jejak anda

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2012. Suroda Blogg - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger